Daily Life

MUN

10:36 am

Tadi siang, une dan kawan kawan lainnya yang memang udah mendaftarkan diri secara sukarela untuk ikut pelatihan atau bisa dibilang perkenalan sistem lomba simulasi sidang PBB. une menerima tawaran ini pas awal-awal masuk kelas sebelas.yaitu semester kemarin.
tadi siang une telat masuk ke pelatihanya karena menthoring dulu.
disini yang ngebimbing kita itu a male. tau kan a male wahai anak smansa?
a male itu adalah siswa smansa angkatan Perisa Kesaktria yang aktif di lomba lomba debate dan aktif di eASY. dan dia adalah salah satu orang yang gue takuti waktu jaman-jamannya regen eASY, karena tatapan matanya yang menyeramkan plus senyum isengnya yang suka bikin gue berasa ngompol mendadak.
serem....
une kan telat nih. une tadinya udah gamau masuk ke kelas. soalnya takut sama a male.
eh ternyata a male baik dan mempersilahkan gue duduk dimana saja

"welcome! please sit anywhere you want"
dan une milih duduk di belakang dela. a male speak english waktu itu.
di tengah penjelasan a male peserta yang ada di depan une keluar. jadi une pindah ke barisan paling depan. sebelah aldella.
oke baru deh bisa ngeliat amale dengan jelas. disitu a male menjelaskan banyak sekali hal.. une ngerti semuanya apa yang dia omongin.
tapi yang une ga ngerti itu apa yang dia maksud.
HAHAHAHA
dia menjelaskan tentang tata cara berkomunikasi antar peserta sidang.
siapa yang memiliki kekuasaan tertinggi di sidang tersebut.
apa fungsi dari orang yang berdiri di setiap sudut ruangan sidang.
and etc.
pas dijelasin satu per satu kepala gue....
ngut... ngut.. *ngantuk ceritanya*
mata sudah lima watt ..
tangan ditaro dagu..
kadang kadang mata gue ganjel sama tangan...
pas nyoba merem..
a male ngeliat ke une... wkwk
ambil kertas persediaan a male yang isinya dasar-dasar ketentuan sidang.
langsung melek.. jeng jeng
pura pura ngerti..

SERIBU TAHUN KEMUDIAN

a male sudah selesai menjelaskan hampir semuanya.
kita pun dianggap siap untuk melaksanakan simulasi sidang PBB

"take your placcard from your table inside it. you'll find a paper that showed a region and your potition on this council. and there is a blank paper. you can use it to write down your speech. or your research about the topic"

yah a male emang ga ngomong kayak gini.. tapi intinya gitu aja pokoknya.
DAN TAHUKAN ANDA GUE DAPET POSISI APA??

I'm here, on this The Artic council stand as a delegate from United States Of America.
OMG... kudune kulo iki jabatanne ora seduwur kui cah mwahahahah..

gue yang namanya bingung tingkat akut tuh ya emang bingung tungkat akut. gue gatau apa yang harus gue tulis.
what i supossed to do guys???!

gue berasa orang paling bego disitu pas gue cengo liat potition gue...
disitu tertulis
potitions:
- The Artic region my, or may not, belong to the USA. Exploration is currently underway to determine how far the continental shelf from Alaska extends.
- Do not let Russia claim sovereignty over the Artic - this will give them a lot of accessto valuable oil reserves
- if you cannot convincingly stake your claim for the Artic, lobby for Canada's claim to ownership
-You are a member of The Artic Council, an intergorvernmental forum dealing with political and social issues    facing the region

Awalnya gue ga ngerti sama sekali ini maksudnya apa, kebingunan lah gue, akhirnya karena hatinya dela tersentuh dan terhenyuh meliat une yang sangat bodoh ini plengak plengok .. dia jadinya menjelaskan apa peran saya disini. huft.

dan setelah gue agak ngerti sama topicnya.. une pun memulai menulis rangkaian speech une.
gue nulis lumayan panjang.. bisa dibilang panjang banget.
sebenernya gue ga tau apakah grammer yg gue tulis itu udah bener atau belum. tapi. yaudalahya, dan ketika sidang dimulai.. heboh. seru sih tp. serius pengen ikut lg jadinya.


You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE


unemenel

unemenel