TRAVELS

Tips Mudik Sendirian

11:07 am



Hai! Hari selasa kemarin tepatnya tanggal 22 Juli 2014, une mudik ke Cirebon sendirian. Sebenernya sih harusnya ga sendiri, cuman karena kasusnya kayaknya nyokap lupa beliin une tiket mudik, jadinya beli tiket sendiri. (-___-) #miris
Jadi secara ga langsung une kemarin tuh ber-Solo Mudik Ria. yeaay! *mencoba bahagia* hahaha 
Mudik sendiri tuh nggak susah, nggak ribet, dan ga menyeramkan kok. Ada beberapa orang yang kesannya kaget banget pas tau kalau une mudik sendirian. So What. Ada Allah yang jaga nape takut? ye ga? Asal Ikhtiar keselamatannya udah oke, maka sebenarnya memang ga ada yang perlu ditakuti untuk mudik (atau bahasa gaulnya travelling) sendirian. Ada beberapa tips nih buat mentemen yg baru pertama kali mudik sendirian ke tempat yang jauh. 

Tips Solo Mudik (Ini maksudnya mudik sendiri ya, bukan mudik ke solo):
  1. SESI PERSIAPAN
    • Oke, mungkin ini lawakan yang udah lawas banget. tapi fakta yang satu ini memang nggak bisa dipungkiri lagi. Sebelum mudik, pastikan kalau mentemen ini memang punya kampung halaman. Well, kalo kaga punya kampung..... ya lo mau mudik kemanaa???!
    • Pastikan kesehatan tubuh sedang prima. Ga enak kelleus mudik sambil BBB (Batuk Batuk Bengek) atau DDD (Demam Demam Durjana) itu nggak banget. Bisa menyebabkan wabah mudik berpenyakit nantinya.
    • Usahakan cuma bawa satu tas besar, jadi gausah deh tuh repot repot bawa tengtengan kanan kiri. Baju, oleh-oleh, alam mandi, Charger, dll harus masuk semua ke dalam satu tas. Ribet kalau harus bawa tengtengan kanan kiri, udah mah sendiri, bawaan ribet, baru ngebayanginnya aja udah males. Atau jangan jangan kalian sengaja kayak gitu biar nanti tiba-tiba ada cowok ganteng bantuin lu bawa tas kayak di FTV???? ngimpiiiii. hahahaha
    • Jangan bawa baju terlalu banyak. Biasanya sih kalau cewek tuh ribet sama urusan baju. Udah lah gausah terlalu banyak. 4 atau 5 pasang baju udah cukup. tinggal kitanya aja yang pinter2 ngatur waktu nyuci pas dikampung. 3 baju pergi dan 2 baju rumahan. 
    • Pisahkan Charger, modem, flashdisk, handphone, minyak kayu putih, dompet, kamera pocket, dan barang barang kecil penting lainnya di satu tempat. Syukur syukur kalau ada tas pinggang, jadi lebih simple, kalau nggak punya ya pake clutch bag yg tahan air dan ditaruh di tas, atau kalau ga punya juga ya pakai plastik. 
      • Kenapa harus disatuin sih ne? Biar kalau nyari barang-barang itu tuh gampang dan supaya pas mau balik mudik check and re-check barangnya gampang. dan satu hal penting lainnya adalah supaya pas kita kehujanan, barang barang itu tetap aman. Tapi kalau sekiranya punya tas khusus Backpacing yang banyak kantong kantong khusus naro barang kayak gitu dan ada rain cover maka ga perlu perlu amat di kelompokin kayak gitu. 
    • Untuk pakaian, Plastik juga berperan penting. Kalau bisa sebelum masuk ke dalam tas, pakaian pakaian ini di bagi ke dalam 3 plastik. 
      • Kenapa harus diplastikin? lagi lagi untuk antisipasi hujan. Jangan pernah ngeremehin hujan, atau kalian akan menyesal. Kalau kehujanan dan pakaian basah semua, kalian nanti bingung sendiri. Lagi pula kalau sampai kalian kehujanan dan pakaian kebasahan, otomatis beban tas makin besar. nanti kalian capeek :( btw tiga plastik itu gunanya untuk:
        • Satu untuk atasan + kerudung/kopeah
        • Satu untuk bawahan dan belt
        • dan satu lagi untuk pakaian dalam + kaos kaki +manset 
    • Jangan lupa bawa barang yang bisa menghibur diri dari kejenuhan mudik. Buku, rubik, headset, gameboy, tablet, psp, tamagochi, atau apa aja lah yang bisa dimainin sambil duduk. ya asal ga bawa gangsing aja sih. bingung ntar maininnya dimana.
    • Uang jangan ditaruh di satu tempat. kalau bisa dibagi bagi. ada yang di dompet, ada yang di kantung celana, dan ada yang di kantung jaket. 
      • Kenapa harus dipisah? Karena buat antisipasi kalau lo kecopetan, paling nggak di kantong celana sama di jaket masih ada duit buat nerusin perjalanan. 
    • Kalau persiapan sudah matang, usahakan sebelum berangkat sholay sunnah dulu 2 rakaat :)
  2. SESI PERJALANAN 
    • Pastikan dari mulai jadwal keberangkatan, nama kereta/bis, nomor gerbong, dan nomor tempat duduk dipahami betul betul. kalau salah gerbong atau salah tempat duduk, ribet lagi pindah pindahnya.
    • Tidak boleh terlihat ketakutan atau kebingungan. Udah lah lu sok sok berani dan sok sok tau ajaa. Soalnya kalau lu sampe keliatan takut atau bingung, lu malah bakal jadi sasaran empuk piranha terminal/stasiun. Pede aja lagi. kalau nggak ngerti/gatau/bingung ya tinggal tanya, tapi mukanya jagan kayak orang kebingungan banget. normal ajaaa. 
    • Buat cewe, jangan pake make up, karena mudik itu panas, ngantri, dll. ya kecuali lo naik angkutan umum eksekutif ber-AC sih ya. oh iya dan jangan pakai parfum berlebihan. sebenernya gausah pake parfum sih. soalnya ga semua orang suka sama bau parfum lu, takutnya ngeganggu. 
    • Jangan pake perhiasan, karena bisa mengundang piranha piranha terminal/stasiun mendekati mentemen sekalian.
    • Kalau bisa sih perjalanan diusahakan di malam hari supaya ga terlalu banyak terbentur sama waktu sholat wajib. dan supaya bisa ngemil juga hahahaha. kalau siang kan ga bisa ngemiil :( 
    • Sekalipun lo lagi ga puasa, atau menganut paham "kalau musafir ga puasa juga gapapa", jangan pernah makan atau minum di depan penumpang lain. itu ga sopan dan ga menghargai orang lain yang sedang berpuasa. Orang non-islam aja kadang lebih bijak dalam menghormati orang islam yang berpuasa, masa orang islamnya sendiri malah ga hormat. kan aneh. Gue sakit hati banget kemaren pas mudik ibu ibu depan gue dan mas mas samping gue makan minum seenak jidat. padahal itu siang :(
    • Banyak berdoa, dan bertawakal pada Allah ta'ala, karena pas mudik itu hidup dan mati kita ada didalam genggaman-Nya.
Iyaaap itu adalah hal-hal yang biasanya une lakukan saat pergi kemana mana sendirian. ntah itu Bogor-Bandung, Jakarta-Cirebon, Bandung-Solo, semua sama. Ga ribet kan? Kalau terlihat ribet, ya maklum namanya juga buat safety.
Tapi sebenernya kalau travelling itu dalam sunnah Nabi tuh minimal 3 orang dan memilih pemimpin untuk memimpin perjalanan. ada hadist nya nih
Rasulullah Shalallahu'alaihiwasallam bersabda: “Kalau sekiranya manusia mengetahui apa yang aku ketahui di dalam kesendirian, niscaya tidak ada orang yang menunggangi kendaraan (musafir) yang berangkat di malam hari sendirian”. (HR. Al-Bukhari) 
Rasulullah Shalallahu'alaihiwasallam bersabda: "Apabila 3 orang keluar untuk safar, maka hendaklah mereka mengangkat seorang amir dari mereka" (HR. Abu Daud dan disahihkan oleh Al-Albani).
Tapi kalau kepepet sendiri dan ga ada temen kan ya mau gimana lagi? hehe Seenggaknya jadi bisa buat pengalaman survive. Tapi diusahakan memang minimal 3 orang ya :) Solo Backpacking itu dilakukan kalau memang kepepet aja. inget!
Selamat Mudiiik :))

XOXO -unemenel-

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE


unemenel

unemenel