Textilelogy

Kunjungan Industri: PT Dragon Forever

9:54 pm

Ga bole ngambil foto di dalem pabrik, diluar pun cukup.

Kunjungan Industri, kegiatan yang sempet bikin kita, anak eksternal himpunan, pusing. Pusing mikirin tetek bengek keperluan kunjungan. Alhamdulillah kepusingan itu membuahkan hasil :') Kunjungan industri kemarin mengagumkan... cukup untuk membuat seorang une kagum. Sangat cukup. 

Kunjungan industri kali ini disponsori oleh PT Dragon Forever, salah satu perusahaan multinational yang bergelut di bidang garment. Pusatnya di Taiwan. Lokasinya ada di KBN, Cakung, Jakarta Utara. 

Di perjalanan, une liat ada banyak kotak kotak besi raksasa bertumpuk di kawasan itu, orang-orang bilang itu namanya kontainer. Sekilas yang kepikiran sama une itu adalah 
"Suatu saat harus bikin photoshoot di tempat kayak gini, it must be cool". 
Zzzz kontainer-kontainer itu berhasil bikin une salah fokus untuk pertama kalinya di hari itu. Tapi sayangnya une nggak punya kesempatan untuk berfoto ria di sekumpulan kontainer itu, soalnya nanti kaka mamdu marah. 
"Jangan malu-maluin" gitu katanya wkwk. 
[08:00] Welcome Speech
Setibanya kita disana, kita disambut dengan amat sangat baik. kelewat baik malah. Ada proyeksi gambar di dinding aula pabriknya yang menyatakan bahwa PT. Dragon Forever secara hangat menyambut kedatangan kami, mahasiswa oenyoe dari STT Tekstil yang haus akan ilmu *eabingits

Oh iya sebelum bercerita terlalu jauh, une mau bilang kalau ternyata pabrik itu ada kantornya juga. maksudnya kantor disini adalah ruang yang penuh dengan kubik-kubik karyawan yang mirip kayak di film-film dengan warna standar. Abu-abu. Kantor ini nyaman. Ada AC yang cukup untuk membuat karyawannya lupa bahwa mereka sebenarnya sedang hidup di daerah pinggir pantai yang panas dan letaknya di Jakarta, sudah di Jakarta, di pinggi pantai pula. Tempatnya juga rapih, nggak sempit seperti kantor-kantor yang biasa une liat di film. Mungkin itu karena pegawai kantornya sedikit. entahlah. Kebetulan kita berkunjung di hari kerja, secara otomatis une liat proses kerja mereka yang sangat 'ngantor'. File bertebaran, mesin fotokopi, dering telepon yang terdengar di setiap sudut ruangan, percakapan singkat antar karyawan, file excel yang terlihat di layar komputer, semua hal-hal yang berbau kantor mau tidak mau terlihat. Dan.... une kayaknya ga cocok kerja duduk di dalam kubik kaca dan excel penuh angka di depan mata. Kayaknya pusing. Pendapat ini keluar dari pikiran seorang une yang sebenarnya baru pertama kali liat ada kantor di dalam pabrik dan belum tau seperti apa detail kegiatannya. haha

[08:15] Company Overview
Disana kita dikasih minum dan Informasi. Informasi (atau lebih kerennya 'ilmu') yang kita dapatkan untuk (lagi-lagi) yang pertama kali adalah tentang Perusahaan yang sedang kita kunjungi. 
Perusahaan ini adalah perusahaan multinational. Pusatnya di Taiwan. PT Dragon ini juga punya 'saudara' di negara lain seperti China, Columbia, dan juga Bangladesh. Bu Desi menjadi pembicara di awal kunjungan ini. Beliau menjelaskan segala hal tentang DF. Beliau ini adalah seorang GM a.k.a General Manager. Bu Desi ini kalau ngomong asik. hmm... mungkin dia suka ngomong. atau kalau orang udah kerja rata-rata bisa berbicara di depan orang banyak dengan lancar? 

Reliable Source Industrial atau RSI adalah main office dari DF yang letaknya ada di Taiwan. They used to be a fabric industry, not a garment one. Tapi karena perusahaan melihat peluang yang lebih besar di bidang garment, maka mereka merubah fungsi pabrik menjadi pabrik garment dan membuka cabang di beberapa negara. Sampai saat ini sudah banyak brand yang menjadi pelanggan setia DF, salah satunya adalah GAP. Belakangan ini DF lebih sering memproduksi baju yoga dan baju senam. And guess what? the price guys. it's over than $98.00 per piece. Padahal bajunya itu ya kalo dimata une sih biasa aja. haha kayak kutang. ya gimana si baju senam. ya gitu deh. 

Bu desi bilang DF ini berkomitmen untuk menyelesaikan order dalam waktu maksimal 3 bulan dengan minimum order 4000-5000 pcs. wow. dengan penjelasan alur pembelian (atau yang Bu Desi sebut 'End to End Process Flow') yang sangat ribet mereka hanya punya waktu 3 bulan untuk menyelesaikan semuanya. 

Bidang-bidang yang harus bisa menyelesaikan semua pekerjaan itu dalam waktu 3 bulan adalah:

  1. PPLC....... Bidang Produksi yang di manage oleh bapak Harun tercinta. Beliau baik sekaliii. Beliau juga adalah trainer untuk kaka-kaka STT yang baru lulus 2014 kemarin. Setiap menjawab pertanyaan une, matanya ilang karena banyak senyum hehe. Bagian produksi itu menurut une keren banget. kenapa coba? ya karena dia memanajeri banyaaaaaaaaak banget orang dari mulai bagian sewing, cutting, sampai packaging. Dilihat dari satu bagian aja, sewing misalnya, itu tuh orangnya banyaak banget!! kalau aja bisa une foto ruang sewingnya, wow, banyak banget. entah ada berapa orang di situ dari total 1650 orang pegawai disana. belum lagi orang orang yang nempel logo, motong seal tape, ngepak barang, wah banyak banget deh. Di bidang ini orang 'kantoran' nya itu yang mengatur schedule produksi, mengatur ekspor-impor, dll. Hebat banget pak Harun. Mungkin semua itu yang melatih Pak Harun untuk terus tersenyum hehe
  2. General ADM....... Membawahi bagian IT, CSR, PR, dan GA. kepanjangannya? cari sendiri. Kalo ikut Cepots pasti tau *ea 
  3. Technical.... Membawahi bagian marker dan sample
  4. Purchasing.... untuk mengurus alat-alat umum seperti mesin, karton, jarum, rak, dll. 
  5. QC (re: kyusi) dan QA (re: ki e').... QC itu Quality Control, bagian pengontrolan hasil produksi yang berlangsung pada saat barang di produksi. QA adalah Quality Assurance, kata Pak Heru bidang ini berfungsi untuk memastikan barang dalam kondisi baik tapi dilakukan setelah semua proses produksi selesai. 
Nah, itu semua adalah bidang-bidang yang ada di DF dan mereka semua bekerja sama untuk menyelesaikan 'End to End Process Flow' dalam waktu 3 bulan.

[08:30] Q&A
U: "Bu, Maksudnya 20% pada MOB/LAB itu apa ya bu?"
D: "Oh itu maksudnya 20% dari setiap bahan yang dikirim dari taiwan akan masuk ke bagian MOB/LAB untuk di tes kualitas bahannya. Jika 20% itu dianggap baik maka semua barang sejenis yang dikirim dianggap baik. Jika 20% itu dianggap jelek dia akan dikategorikan menjadi 3. Merah, Kuning, dan Biru. Kalau barang 'jelek' itu masuk ke bagian merah, maka barang itu tidak qualified dan harus dimusnahkan atau dikembalikan ke taiwan. apabila bahan masuk ke kategori kuning, berarti bahan masih bisa menjadi pertimbangan untuk produksi namun harus dengan acc dari klien. kalau bahan masuk ke bagian biru, itu berarti akan menjadi stok.
U: "oooh"
D: "Sudah cukup jelas?"
U: "sudah bu :)"
[08:45] Factory Tour
Ini adalah bagian favorit dari KI kemarin. Disini kita dibagi menjadi 4 kelompok dan une kebagian di kelompok 4. (tapi pas touring une sama ka abet malah masuk kelompok 3 -_- kelompok 4 ntah kemana). Kelompok yang une ikuti ini di pimpin oleh ka Arie, anak STTT 2010 yang baru lulus kemarin. kita diajak keliling ke sluruh bagian pabrik. ini journalnya.
  1. Laser Room..... Di bagian ini kita bisa melihat banyak mesin yang ada sinar merahnya motong motong semacam kertas. itu laser cutter dan ternyata yang dipotong itu bukan kertas, melainkan seal tape. Seal tape ini adalah pengganti dari jahitan. jadi untuk menyatukan komponen itu sudha tidak perlu dijahit lagi tapi tinggal ditempel atau sewless. nah ruangan ini adalah ruangan khusus untuk memotong perekat-perekat itu. 
  2. Produstion Place..... ini adalah ruang produksi. ruang produksi ini diisi oleh ratusan operator sewing, QC, tempat penukaran jarum, tempat pengambilan sparepart mesin, dll. ada banyak manusia disini dan suhu ruangannya lumayan untuk bikin kita kipas kipas. tapi ternyata pas kita keluar pabrik, diluar itu lebih panas... jakarta oh jakarta. 
  3. Sample Room..... disini kita akan melihat versi mini dari ruang produksi. di ruangan ini ada operator jahit juga, ada pembuat marker juga, ada QC juga, tapi versi mininya. Di ruangan ini diproduksi sampel untuk produk di tahun berikutnya. seperti contohnya saat ini ruang sampel itu sedang memproduksi produk untuk spring 2016. Sekali membuat sample, DF bisa memproduksi 200-300 pcs produk. 
  4. Marker room.... ruangan ini dikhusukan untuk mencetak marker yang telah disusun oleh operator marker dan di cetak dengan mesin greber, mirip kayak yang di kampus. semester depan une bakal belajar ini (yeay)
  5. Lab room..... tempat untuk mengetes bahan. yang 20% itu loh
  6. Cutting room..... Pemotongan untuk bahan yang akan di produksi ada disini. mesin potongnya otomatis pake laser, beda banget sama yang dikampus. disini juga disediain band knife. Tapi di factory ini spreading nya masih manual spreading
  7. Fabric Relax Board..... di sini adalah tempat untuk menggelar rol rol kain yang akan dipotong. Kain ini harus di relaksasi selama 2 x 24 jam untuk mengendurkan kembali keadaan kain ke keadaan semula supaya tidak ada perubahan ukuran pada saat setelah proses pemotongan. 
  8. Heat Trandfer Room..... tempat ini adalah tempat untuk men-transfer logo atau tape ke komponen yang akan dijahit. kan ada tuh logo yang kayak di sablon. nah biar cepet, disini pakenya kayak semacam stiker yang di panasin gitu.
  9. QA & QC Room..... Ruangan untuk orang orang yang melakukan QA & QC. Kak Arie bilang kalau QC ada 3 jenis, yang pertama adalah QC in line, QC ini dilakukan secara berkala di line sewing, yang ke-2 ada QC End Line, QC ini dilakukan di ujung dari line produksi saat produk sudah jadi. dan yang terakhir adalah QC random, QC ini dilakukan setelah semua proses produksi selesai.
  10. Gudang Aksesoris.....Zipper, kancing, label, polybag, dan alat-alat pelengkap untuk garment semuanya ditaruh disini. sistemnya sangat rapih, tiap bidang yang membutuhkan aksesoris harus memberikan bill ke bagian gudang untuk mendapatkan barangnya. Managernya bilang "No Bills, No Things". Tanpa bill tidak akan ada barang yang keluar dari gudang. 1 barang yang hilang pun akan dicari sampai ketemu. wkwk. 
  11. Ruang Penyimpanan Karton..... diruangan ini semua barang yang sudah di pack akan dibawa kesini, dites melewati metal detector terlebih dahulu, lalu re-pack dan masuk ke bagian gudang jadi atau Finish Good
  12. Finish Good..... Gudang ini berfungsi untuk menyimpan semua barang yang telah di re-pack oleh team metal *ea 
  13. Ruang ekspor..... Ruangan ini bertempat paling depan, dekat dengan gerbang depan pabrik. semua barang yang akan diekpor akan ditaruh disini. ruangannya besaaar banget. dan pintu garasinya bisa ngebuka otomatis yang kayak di film fast and furious. dan yang paling menyenangkan dari ruangan ini adalah, kita bisa melihat di karton-karton itu tulisan "Made In Indonesia" 
Kayaknya sih seluruh bagian dari pabrik udah kita datengin kemarin. Ilmunya banyak banget lah sumpah. Big thanks to team DF yang sudah menyambut kita hehe. 
Cuman une agak sedih aja sih, kan pas disana une banyak nanya, mungkin orang-orang pikir itu terlalu banyak pertanyaan. tapi memang une pengen tau kayak pemesanan bahannnya gimana, ekspornya, itu mesin apa, cara kerjanya gimana, apa berat karton berarti bisa menandakan bahwa isinya pas, ini, itu, mumpung ada kesempatan ya une tanya. tapi ada yang komentar
"malu bertanya memang sesat dijalan, tapi kalau kebanyakan pikasebeleun ne"
Thank God he said it in front of me, untung ga ngomongin dibelakang. Thanks for the advice but i keep these quotes deeply inside my heart
"Ilmu adalah gudang-gudang penyimpanan dan pertanyaan adalah kuncinya"
- ibn Syihab -
Kalau kita menahan diri untuk bertanya, maka pintu ilmu itu ga akan kebuka dan une pengen melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk kedepannya semaksimal mungkin di hari itu. rugi lah kalo ga digali sebanyak-banyaknya ilmu yang mendekap disana. Tanya sebanyak banyaknya juga gapapa lg. toh mumpung waktunya pas banget. namanya juga 'Kunjungan Industri'. Daripada nanti pas waktunya nyusun PKL atau nyusun skripsi kita malah kebanyakan nanya hal-hal sepele yang seharusnya kita udah tahu jauh sebelum dari itu. ya kan? wkwk

[10:00] Group Picture
Kunjungannya pun selesai. Terimakasih DF :)

XOXO -unemenel-

You Might Also Like

3 comments

  1. Ne... baca postingan yg ini jadi kangen sama company visit cepots huhu

    ReplyDelete
  2. seru yaa... jadi inget waktu kuliah. setiap kuliah lapangan selalu mengasyikan, nambah ilmu pula.

    ReplyDelete
  3. Kepada Yth : Bapak/ Ibu

    Dear Custemer
    Purchasing and Import Departement

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.DIRA KARYA INSANI mengajukan penawaran jasa kerjasama importasi dalam hal pengurusan pengeluaran barang Import di Kepabeanan baik via pelabuhan Tanjung Priok maupun Bandara Sukarno Hatta.
    Hendling kami adalah Sbb :
    I. IMPORT & EXSPORT
    -- Sea and Air Freight
    -- Customs Clearance Services
    -- Door to Door
    -- Undername Consignee
    -- Borongan
    -- PPJK Edi System --( Asuransi Import atau Exsport )
    II. DOMESTICS VIA LAUT
    -- Kapal--RORO--LCT--CARGO--DII
    III. VIA DARAT TRUCKING
    -- TRONTON-TREILER-LOBET-KUMETO-DOLY-FUSO-CDD-WINKBOK
    VI. UNTUK KUOTA BARANG BEKAS
    -- CRANE MOBIL - CRANE,EXCAVATOR PILING DRIVES
    Demikian penawaran ini kami ajukan kepada Perusahaan Bapak/Ibu pimpin semoga terjalin kerjasama dengan baik untuk yang akan datang,atasperhatiaannya kami
    ucapkan terima kasih.

    S.Bambang Hp-081213344936
    PT.DIRA KARYA INSANI
    PERUSAHAAN PENGURUSAN JASA KEPABEANAN /PPJK
    Jl.Enggano Edam II No21A Pos8 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara-INDONESIA
    Phone = +6221 4302 476 Fexs = +6221 4393 8257
    Email = dki.customs@gmail.com / ai.logistics@ymail.com
    Garasi Trucking Jl.Cakung Cilincing No.27 Jakarta Utara

    ReplyDelete

SUBSCRIBE


unemenel

unemenel