Daily Life

Memanfaatkan Dropbox Untuk Kerja Berkelompok

12:54 am

Sepertinya sekarang mahasiswa organisasi sedang repot ya, tanggung jawab LPJ bertebaran dimana-mana, belum lagi kalau diantara  kita adalah penganggung jawab acara, sekertaris, atau bendahara dari suatu kegiatan organisasi kampus. Pasti sedang masa-masanya duduk diem di depan laptop bareng-bareng dan nanya "data ini dimana ya?", "kemarin sekertaris kegiatan A siapa sih, mau minta data ini nih", "duh data quisioner yang kemarin gw simpen dimana ya?" daaan pertanyaan memusingkan lainnya.

Sama, saya juga lagi ada di tahap itu. Saya sedang dalam proses penyusunan LPJ tahunan organisasi seperti tahun-tahun sebelumnya.  Sedih banget ketika sadar data berceceran dimana-mana. Kalau data departemen saya sendiri sebenarnya sudah dikumpulkan di satu tempat "KOMPUTER SEKRE" tapi sayang nya komputernya rusak. R.U.S.A.K. Karena itu saya harus mencari data-data yang berceceran sekali lagi ke teman-teman yang berkontribusi di kegiatan-kegiatan Unit. Ya kerja dua kali. Saya tau haha.

Huhu, saya berharap pengambilan data dari harddisk PC bisa cepat dilakukan supaya saya selamat dari pekerjaan tambahan mendadak ini :(

Beberapa minggu yang lalu, saya baru mulai ngulik software/app yang bisa nyimpen data secara online dengan cara yang simpel dan bisa diakses dengan mudah dari gadget ke gadget lainnya. DROPBOX namanya. Pasti sudah ada beberapa yang familiar dengan aplikasi ini. tapi masih ada juga yang baru ngulik seperti saya haha.

Duh kenapa ga kenal Dropbox dari dulu ya, biar data lebih aman :" wkwkwk cie ngiklan.

Kegunaan dropbox itu hampir sama dengan onedrive dan cloud. Tapi saya menemukan kemudahan dalam pemakaiannya di aplikasi yang satu ini. (baca: Cara Mengoperasikan Dropbox)

Awalnya saya pakai ini hanya untuk memudahkan saya untuk mengambil foto dan data kuliah yang ada di laptop ke gadget lain. Kan lebih praktis dan tidak terlalu repot harus bawa laptop kemana-mana. Kalau ada yang minta data tugas atau materi kuliah dan saya tidak membawa laptop, OH TENANG, semua ada di dropbox saya. dan langsung saja saya kasih link share dropbox saya ke teman-teman yang meminta data.

Tapi setelah saya ulik lebih dalam, ternyata dropbox bukan hanya penyambung data yang sesimpel itu. Didalamnya ada beberapa fitur yang bisa sangat membantu dalam pengerjaan tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan secara berkelompok. Karena di dropbox ada fitur "Team"

Telat banget ya saya sadarnya haha. 

hal yang paling pertama harus diperhatikan
KALIAN HARUS PUNYA AKUN DROPBOX PRIBADI DULU
and then baru bisa bikin akun untuk TEAM

hal yang kedua yang harus dipastikan
TEMEN SATU TEAM KAMU JUGA HARUS PUNYA AKUN DROPBOX PRIBADI
baru bisa di invite

sing bijak weh pemakaian 2 gb nya, kalau isinya cuma word, excel, pdf mah cukup lah ya per proyeknya. haha. unlimited is never free except the things come from God (feeling thankful)
Dengan adanya fitur ini, data dari berbagai komputer bisa langsung diakses dengan cepat, jadi gausah ribet-ribet minta kirim email kesana kemari.

Kalau ada revisi, tinggal edit aja di komputer masing-masing dan di save di dropbox masing masing. Maka hasil revisinya akan otomatis masuk ke komputer teman satu team nya dengan syarat internet tetap aktif dinyalakan.

Mudah kan penggunaannya, saya sarankan sih kerja team pakai ini saja. Simpel dan lebih efisien waktu.

Coba deh ulik. Buat apa teknologi diciptakan kalau ga digunakan sebaik-baiknya? :) selamat mencoba! 

XOXO -unemenel-

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE


unemenel

unemenel