Daily Life

Family Hang Out: Curug Panjang

8:16 pm



Semenjak kuliah, yang namanya ketemu keluarga, kumpul keluarga tuh rasanya jadi pentiiiing banget. Mungkin karena jarak antara orang tua dan une nya semakin jauh, jadi pulang ke bogor tuh rasanya kayak dapet liburan yg WAH. Nah, kebetulan kepulangan une ke Bogor kemarin tuh bukan cuma pulang biasa kayak pulang-pulang di hari lainnya! Kemarin kita abis ngadain family camping  di curug panjang. Curug panjang letaknya ada di daerah Mega Mendung.

Gimana cara mengakses Curug Panjang, Ne?
Kalau kita mau ke Curug Panjang naik motor dari arah bogor, itu lumayan gampang kok. Kalian tinggal naik motor ke arah Tajur, teruuus sampe perempatan ciawi, ambil jalan ke arah jalan raya Bogor Puncak, lalu teruuuss ke Mega Mendung. Nah kalau udah nemu Masjid Jami Nurul Huda Mega Mendung (tanya aja sama warga sekitar), langsung aja belok ke jalan yang agak kecil yang ada tepat di sebelah masjid Mega Mendung itu. Masuuuuukkk ke pemukiman warga sampe dalleeeem banget dan voila! Sampe deh ke Curug Panjang. Penunjuk jalannya memang udah agak nggak jelas. Jadi kompas mulut pun harus siap siap digunakan.

Itu kalau yang naik motor, Nah kalau Une sama Hamas sih naik Angkutan Umum :')
Une bakal ngasih tau nih angkutan umum yang kita naikin untuk bisa sampe ke Curug Panjang. Start-nya dari Stasiun Bogor ya:
  1. Dari Stasiun Bogor kita naik angkot 02 dengan jurusan Sukasari-Bubulak. 
  2. Turun di depan PO Bus Raya yang ada di Jalan Siliwangi. (Cost: 2500-3000/orang)
  3. Dari tempat kalian turun itu jangan kemana-mana, tunggu aja angkot lainnya yang jurusan Cisarua. Kalau naik angkot ini, kalian bisa langsung berenti di Masjid Jami Nurul Huda yang tadi une sebutin diatas. 
  4. Turun di Masjid Jami Nurul Huda Mega Mendung (cost: 5000-6000/orang)
  5. Naik ojeg ke Curug Panjang dari jalan kecil yang disamping Masjid Nurul Huda itu. (cost: 20-30.000/motor)
  6. Kalau mau jalan bisa banget. Tapi kalian harus jalan ke Curug itu sekitar 8 KM. Kurang lebih 3 jam perjalanan lah ya kalau jalan kaki mah. Une pernah kok ke Curug Bulao yang letaknya lebih atas lagi dari Curug Panjang dan jalan kaki. start jam setengah 6, finish sekitar jam 9.30
Catatan: 
Jalur Gadog-Puncak itu ada Sistem Buka Tutup nya kalau Week End. ini nih une kasih jadwal Buka Tutup nya


HARI SABTU: - Pukul 09:00 s/d 11.30 WIB  = Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah Puncak (kendaraan dari arah Puncak ke arah bawah/Jakarta dan Ciawi di tutup- Pukul 15.00 s/d 17.00 WIB  = Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah bawah atau arah Jakarta atau Ciawi  (kendaraan yang akan menuju Puncak ditutup)    HARI MINGGU- Pukul 09.00 s/d 11.30  = Semua kendaraan hanya satu jalur ke Arah Puncak (kendaraan dari arah Puncak menuju bawah/Jakarta dan Ciawi di tutup)- Pukul 15.00 s/d 18.00  = Semua kendaraan satu jalur ke arah bawah atau arah Jakarta atau Ciawi  (kendaraan yang akan menuju Puncak ditutup)
Nah, kalau kalian mau berkemah alias camping kayak keluarga kita kemarin, kalian harus bayar uang kemah 25.000 /orang. Gatau sih ya kalau di website website lain, dicantumkan disitu harga masuknya 5000+5000 lagi kalau mau buka kemah. tapi kemarin keluarga ku harus bayar 25.000/orang. hmm...

Curug Panjang termasuk curug yang masih bersih dan rapih loh. airnya juga masih banyak. Kalau mau berenang yang beneran berenang masih bisa kok disitu. Soalnya lumayan dalem juga 'danau' nya.

Tempat kemah kita gak jauh kok letaknya dari Curug Panjang. Mungkin sekitar 200 - 300 meter jaraknya.

Kalau Family Camping itu ngapain aja sih ne?
Yaa kalau keluarga une sih simple aja kayak kemping biasanya. Pas nyampe di tempat kemah ya kita bareng bareng diriin tenda, masak nasi, masak mie, bakar ayam, dengerin bapak main gitar, bikin api unggun, foto-foto, joget joget bareng. daaan masih banyak lagi. kayak gini nih

Bhre Kedinginan pas main di Curug hehehe
Photo by:Bapa


"Ibu gak boleh ngomong"

Bajunya kembar 3 doang, une gak di beliin :( 

Lagi main petak umpet
Banyak banget kok yang bisa kita lakukan sama keluarga pas camping kayak giniii. Capek siiih, tapi seruuu. Serius.
Cobain deh sekali-sekali. Yang suka pergi camping sama keluarganya pasti tau asiknya kayak gimana :)

XOXO -unemenel-

You Might Also Like

2 comments

  1. Setiap hari kah buka nya curug panjang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buka setiap hari mas hamdhani karena yang mengurusnya masyarakat lokal, jadi bisa buka setiap hari :)

      Delete

SUBSCRIBE


unemenel

unemenel