TRAVELS

Mataram City Tour

11:08 pm



31 Januari 2015 [12.10 WITA]

Mataram, salah satu daerah di Lombok yang terkenal dengan urbanisasinya. Baru aja tadi malem kita tidur diatas kasur Mataram. Penaaat banget badan nih rasanya. Setelah kemarin dapet beberapa les bahasa sasak singkat oleh Mas Edi, rasanya badan encok semua. Oke sebenernya ga ada hubungannya sih.

Di perjalanan menuju ke Mataram, kita dapet beberapa kosakata baru dari bahasa sasak. FYI, bahasa sasak ini adalah bahasa asli suku sasak, suku asli-nya Lombok. Karena bingung pas denger Mas Edi ngomong sama temennya, une pun nanya maksud dari kata-katanya. Kata Mas Edi,

  1. Bau = Bisa
  2. Nde =  Tidak
  3. Bau Nde? = Bisa tidak?
  4. Nde Bau = Tidak bisa
  5. Tabik = Permisi
  6. Amak = Bapak
haha cuma itu yang berhasil une inget :P

Btw, Mataram ini puanas banget loh, yah hampir-hampir sama sama Surabaya lah panasnya. Hari ini kita berencana untuk melakukan City Tour sekalian nyari toko buku untuk beli peta Lombok. Hal pertama yang kita lakukan di rumah nyaman itu adalah bersih bersih pakaian, dari mulai baju, sepatu, tas, dll. unpack barang-barang dan masak. 

Ketika semua pekerjaan rumah sudah beres, bersiap-siaplah kita untuk melakukan City Tour dengan tujuan pertama:

MATARAM MALL

yeaay...  dari rumah singgah kita ke Mataram Mall membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Bisa menggunakan angkutan umum maupun taksi. Angkutan umum di lombok itu jarang yang punya rute khusus. Maka dari itu susah maksimal deh buat nyari mobil berplat kuning. Tapi untungnya hari itu kita berhasil menemukan 1 mobil berplat kuning. Bapak sopir meminta ongkos 30.000 untuk ke Mataram Mall. kalau dibagi lima, berarti masing-masing dari kita membayar seharga 6.000 disini kita muter-muter untuk cari toko buku, tapi ndak ada :( 
Akirnya kita melanjutkan perjalanan ke arah Taman Sangkareang yang letaknya lumayan jauh dari Mataram Mall. Karena angkutan umum disini SANGAT susah, jadi kita memutuskan untuk jalan kaki. Selama perjalanan, kita menemukan banyak anjing liar dan hadiahnya (re: pup anjing). Kalau di Jawa kan seringnya liat kucing liar beserta pupnya, nah kalau disini banyaknya anjing liar, bahkan ketika kita nemu kucing satu ekor aja wuiih senengnya bukan main wkwk. 

Anjing Liar
Setelah berjalan beberapa menit, kita menemukan patung di suatu jalan yang membundar (bunderan gitu deh) disitu apa patung yang berbentuk wanita sama laki-laki, pas dibaca, ternyata itu monumen Kencana Warsa Mahardika. Karena tidak ada keterangan apa apa di patung itu, jadi kita nggak tahu deh latar belakang dibuatnya patung itu karena apa. Kalau menurut Google sih monumen itu adalah monumen selamat datang dan tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang itu. 

Kencana Warsa Mahardika
Karena perjalanan masih jauh, jadi setelah mengambil beberapa foto dari Kencana Warsa Mahardika kita langsung lanjut jalan lagi. Tidak lama kemudian kita menemukan kantor Gubernur NTB. Kantornya besar banget. Lapangannya juga. Wah pokoknya besar deh. Kita sempet mampir-mampir dulu nih disini untuk foto-foto, sebentar banget. Ga jauh dari situ juga ada kantor radio RRI loh, keren-keren, jadi kalau ada berita apapun dari kantor Gubernur bisa langsung di siarkan hehe. 

Karena tujuan kita bukan ke kantor gubernur, jadi kita pun melanjutkan perjalanan. Lumayan jauh, huft... beberapa menit kemudian sampailah kita di Taman Sangkareang. huaah... jadi keinget bandung banget deh pokoknya, Tamannya besar dan luas banget, ada air mancurnya dan ada tempat main anak-anak juga. komplit. Tapi kemarin tamannya belum begitu ramai, mungkin karena siang juga kali yaa panas hehe. 


Karena sudah mencapai tujuan, kita pun istirahat sebentar dan memutuskan untuk mencari makanan khas Mataram yang namanya Sate Bulayak. Sate Bulayak itu sate dari daging sapi yang dibumbui dengan bumbu-bumbu khas NTB. Karena tergiur, kita akhirnya nanya-nanya, dimana sih sate bulayak tuh. Kita dapet informasi dari beberapa orang (dan internet) kalau Sate Bulayak bisa di temukan di Jl. Udayana, Mataram. Dan itu jauh meen.. serius deh, adekku aja sampe ngambek gara-gara jalannya kejauhan. Jalan yang deket menurut une aja kadang menurut orang lain itu jauuh banget, lah gimana jalan yang une bilang jauuh banget. pasti menurut beberapa orang itu super duper jauh parah wkwk. karena nggak nemu kendaraan umum menuju kesana, jadi ya terpaksa jalan. 

Ketika sampai di persimpangan Jl.Udayana, une nemu bangunan, kubah masjid lebih tepatnya, yang indaaaah banget. Besar dan indah, cuma itu yang bisa une deskripsikan haha. Setelah kepo beberapa saat, ternyata itu adalah calon Islamic Center Nusa Tenggara Barat. Wow kan? 

Islamic Center NTB
Luas banget loh bangunan ini, tapi karena masih under construction jadinya une ga boleh masuk kesana huhu padahal penasaran.
Nah, sekitar 400 meter dari Islamic Center ini, di Jl. Udayana ada deretan kios khusus makanan gitu. bagus deh. Jadi kayak taman bejejer di pinggir jalan tapi bagian dalam nya ada tmpt makan. Pas liat-liat makanan apa aja yang dijajakan disitu, akhirnya kita menemukan kios yang menjual sate bulayak. huaah. akhirnya ketemu. Makan deh kita :)
untuk harga une ga terlalu memperhatikan karena kebetulan orang tua yang bayar huehehehe. tapi ga mahal kok kalau nggak salah sih. 

Huah, karena perut sudah penuh dan kaki udah gempor segempor gempornya (lebay padahal cuma jalan 4km), akhirnya kita memutuskan untuk pulang pakai taksi karena memang nggak ada angkutan umum selain taksi yang lewat daerah itu. fiuh, untung aja ya. tadinya une pikir kita bakal jalan lagi loh pulangnya :P

note: kalau mau naik angkutan umum di mataram kemana-mana memang paling gampang pakai taksi (hal ini pun diakui oleh beberapa orang Mataram itu sendiri wkwk) Jl. Udayana - Perum Lingkar Pratama [+ 9km] cost: 32.000

Mataram Mall - Jl. Udayana
-bersambung- 


XOXO -unemenel-

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE


unemenel

unemenel