Fashion Spread

Memilih Bahan Jilbab

12:16 pm

Follow my blog with Bloglovin

Kanan atas - Kiri Bawah
1. Royal Hoodie Polka - DIINDRIHIJAB
2. Syafeea Non Pet Tosca Tribal - MAE by GERAI YUSUF
3. Annisa Flowery Maroon - Khatsuari
4. Fatisa Khimar Pink - LAMAK

Berhijab adalah salah satu kewajiban setiap wanita muslim. Pasti temen-temen sering baca di berbagai bentuk sosial media bahwa memakai jilbab adalah salah satu bentuk identitas kita. Memakai hijab juga ada aturannya loh, yang paling utama sih menutup dada dan tidak membentuk leher (bentuk tubuh). Nah ternyata sekarang HIJABENKA sudah menyediakan kategori khimar atau hijab panjang dan beberapa ada yang instan juga. Awalnya saya pikir di toko online yang satu ini tidak menyediakan hijab yang lebar, ternyata ada! hehe

Yang paling saya suka dari hijab yang panjang atau menutupi dada itu adalah

1. "Tidak perlu pusing mikirin tutorial yang ribet" karena hijabnya sudah lebar, malah lebih anggun kalau tidak di neko-neko hehe. Apalagi kalau hijabnya instant atau semi instant, wah, tinggal jleb jleb langsung berangkat. Hemat waktu dan tidak begitu menguras pikiran. Tapi ada beberapa orang yang santai dan nyaman dengan aktivitas yang ribet, jadi ya ga masalah juga sih, tergantung rasa enjoy-nya setiap orang.

2. "Membuat hati tenang" hmm apa hubungannya hijab yang menutupi dada dengan hati yang tenang? kalau kita pakai hijab yang menutupi dada, lalu ada kewajiban dari kampus yang mengharuskan memakai baju yang berkerah, kita tenang bisa pakai baju apa saja (soalnya kerahnya gak kelihatan hehe) atau ketika ada noda yang sulit hilang di baju bagian atas, kita juga tenang karena akan tertutup oleh hijab dan kita juga nggak usah ribet ribet takut leher / terlihat dan sebagainya. 

3. "Lebih nyaman untuk bergerak" kata orang-orang kalau pakai kerudung yang agak panjang itu ribet, mau kesana kemari ribet (padahal nyoba aja belum). wah salah banget. kalau kita pakai jilbab yang panjang itu justru bikin kita bebas bergerak. kepala mau di angguk-anggukin, di geleng-gelengin pun semua akan tetap tertutup, rapih :) coba kalo kerudung pendek, gerak dikit, eh buntut kerudungnya jatoh atau leher kelihatan, kalo kurang beruntung tali kehidupan juga jadi kelihatan, hii kan malu.

4. "Adem" kalau lagi panas kerasa teduh, kalau lagi dingin terasa hangat. iya gitu deh.   

Setelah hijab syar'i mulai banyak yang cari (Alhamdulillah), jadi banyak juga pedagang yang menjual hijab yang syar'i sayangnya lagi lagi ada beberapa bahan yang para pedagang ini pakai justru membuat bentuk tubuh pemakainya ini terlihat. Memang dalam dunia tekstil, setiap bahan/kain yang dibuat memiliki fungsi dan efeknya masing-masing, hanya saja masih banyak orang yang seringkali salah mengaplikasikan jenis kain terhadap jenis pakaiannya.  Biasanya efek dari model hijab bergo atau hijab instant yang..... mm.. kurang. Kalau hijabnya instant atau bergo, pastikan:
1. Tidak terbuat dari bahan spandex, rayon, lycra, dan bahan elastis lainnya. Hindari juga bahan yang tipis (kecuali di desain menumpuk)

2. Cari yang desainnya menumpuk. Kalau diperhatikan, semua hijab yang ada di foto dari HIJABENKA memiliki desain yang menumpuk di bagian depan. Desain menumpuk ini akan membiaskan bentuk tubuh bagian depan wanita. ini berlaku untuk hijab instant dan bergo. Kalau pakainya hijab lembaran ya tergantung cara pakainya masing-masing hehe. 

3. Terbuat dari bahan yang tidak tembus pandang. Wolfis, katun ima, katun jepang, velvet, diamond italiano termasuk bahan yang ringan tapi tidak tembus pandang. Kalau mau pilih bahan tipis dan ringan semacam chiffon atau ceruty boleh? boleh asal tidak hanya 1 lapis. kalau pakainya satu lapis sih kayak pakai selendang nikahan :(

Hii gak mau kan kalau sudah berniat syar'i malah malu karena salah pilih bahan/model jilbab. Yuk bareng-bareng jadi pembeli dan pemakai hijab yang cerdas, hati-hati dalam memilih model serta bahan, apalagi kalau untuk dijadikan hadiah. Wanita akan mendapatkan segala sesuatu sesuai dengan apa yang ia jaga :) 
1. Khimar 2 Layers Ungu - Dian Risty
2. Khimar Instant Hitam - Dian Risty
3. Aleena Instant Shawl - LAMAK
4. Bergo Azzahra - Wulan Muslim Boutique
Sekarang sih hijab aku menutup dada, tapi belum sepanjang hijab yang dipakai sama model-model yang ada di foto hehe. Doakan saja segera dibukakan pintu hatinya ya temen temen :)

Wassalamu'alaikum -unemenel-

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE


unemenel

unemenel